Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Prestasi Akademik, Sisa 12 Hari Lagi

Humas IAIN Parepare - Berdasarkan informasi yang beredar melalui brosur Panitia Lokal UM PTKIN IAIN Parepare, tahapan pendaftaran melalui jalur seleksi prestasi akademik (SPAN) sementara berjalan, yaitu tanggal 23 Januari-28 Februari 2019. Itu berarti, masa pendaftaran melalui jalur tersebut sisa 12 hari jika terhitung pada saat berita ini dirilis.



Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau disingkat SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi nasional oleh Kementerian Agama Republik Indonesia untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang berprestasi akademik tinggi dari siswa-siswi SMA, SMK, MA, MAK, atau Pesantren yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN),  atau Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di seluruh Indonesia.

Jalur SPAN PTKIN berlaku nasional dengan menggunakan indikator penilaian dari perolehan nilai rapor dan juga prestasi yang diraih oleh siswa di sekolah. Cara pendaftaran SPAN PTKIN melalui admin sekolah bersangkutan, yaitu pihak sekolah mendaftarkan siswa-siswinya yang memiliki nilai akademik tinggi atau prestasi lainnya. Pada jalur SPAN PTKIN, siswa yang mendaftar tidak dikenai biaya alias gratis, karena ditanggung oleh negara.

Sekretaris Panitia lokal UM PTKIN IAIN Parepare, Ali Rusdi Bedong yang dihubungi melalui telpon selulernya menjelaskan tahapan jalur seleksi prestasi akademik (SPAN PTKIN). Menurutnya ada beberapa tahapan melalui jalur ini, yaitu tahap pertama, pengisian dan verifikasi PDSS yang berlangsung pada tanggal 23 Januari-28 Februari 2019. Tahap kedua, pendaftaran yang berlangsung pada tanggal 23 Januari-28 Februari 2019. Tahap selanjutnya, proses seleksi. Tahapan proses seleksi ini berlangsung dua kali yaitu tahap 1 pada tanggal 8-15 Maret 2019 dan tahap 2 pada tanggal 20-22 Maret 2019. Tahapan keempat, yaitu pengumuman kelulusan hasil seleksi yang akan disampaikan pada tanggal 1 April 2019 pukul 17.00 WIB.

Dosen Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam ini, yang juga menjabat sebagai Kepala Pusat Penerbitan dan Publikasi LP2M IAIN Parepare menambahkan, kuota mahasiswa yang diterima di IAIN Parepare tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 1.960 orang. “Sementara Jatah calon mahasiswa yang diterima melalui jalur seleksi prestasi akademik (SPAN-PTKIN) untuk IAIN Parepare adalah 20% dari 1.960, jadi hanya sekitar 392 orang dan selebihnya melalui jalur ujian masuk online dan jalur ujian masuk mandiri” ujarnya dengan suara tinggi dibalik telpon selulernya.



Panduan Pendaftaran Online SPAN-PTKIN dapat dilihat secara detail melalui website www.span-ptkin.ac.id. Ada pun informasinya dapat diuraikan sebagai berikut:

  1. Persyaratan Pendaftaran Online SPAN-PTKIN


Untuk bisa mendaftar sebagai peserta SPAN-PTKIN, maka harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia. Persyaratan ini diperuntukkan bagi sekolah dan bagi siswa. Berikut rincian informasinya :

Persyaratan SPAN-PTKIN untuk sekolah yaitu sekolah / madrasah yang telah memperoleh ijin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah yang berwenang. Sementara persyaratan SPAN-PTKIN untuk Siswa, yaitu:

  1. Siswa SMA / SMK / MA / MAK / Pesantren Mu’adalah kelas terakhir pada tahun ini

  2. Telah mendapat rekomendasi dari kepala Sekolah / Madrasah.

  3. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

  4. Memiliki kesehatan yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran

  5. Tata Cara Pendaftaran Online SPAN-PTKIN


Tata cara pendaftaran juga terbagi 2, yaitu tata cara pendaftaran SPAN-PTKIN oleh sekolah dan pendaftaran oleh siswa pendaftar. Cara pendaftaran SPAN PTKIN oleh sekolah yaitu:

  1. Buka website resmi Pendaftaran online SPAN-PTKIN, yaitu www.span-ptkin.ac.id lalu pilih menu login sekolah

  2. Kepala Sekolah / Madrasah mendaftarkan sekolahnya pada alamat tersebut

  3. Mengentri data sekolah

  4. Validasi pendaftaran via email

  5. Login Sekolah di alamat www.span-ptkin.ac.id

  6. Mengentri data siswa lalu mendapatkan login siswa

  7. Kepala Sekolah / Madrasah memberikan data login untuk masing-masing siswa siswa

  8. Siswa melakukan pendaftaran online secara mandiri

  9. Untuk sekolah yang belum memiliki NPSN, harap mengirimkan surat permohonan dan SK Kepala Sekolah ke info@span.ptkin.ac.id


Sementara tata cara pendaftaran SPAN-PTKIN oleh siswa, dapat dilakukan sebagai beikut:

  1. Buka website resmi Pendaftaran online SPAN-PTKIN, yaitu www.span-ptkin.ac.id lalu pilih menu login siswa

  2. Login menggunakan ID pendaftaran dan Password yang telah diberikan oleh kepala Sekolah / Madrasah

  3. Siswa mengisi biodata, mengunggah foto, memilih program studi, mengunggah prestasi lain yang mendukung, dan melakukan finalisasi pendaftaran online.

  4. Jika telah selesai, cetaklah tanda bukti pendaftaran online tersebut dan simpan.

  5. Bukti pendaftaran online tersebut berupa kartu tanda peserta SPAN-PTKIN

  6. Kriteria Penerimaan SPAN-PTKIN


Pendaftar yang akan diterima di PTKIN penerima adalah pendaftar yang bisa memenuhi kriteria yang telah ditentukan oleh panitia, yaitu sebagai berikut :

  1. Telah dinyatakan lulus dari SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren atau yang setara

  2. Dinyatakan lulus SPAN-PTKIN 2019

  3. Sehat jasmani dan rohani

  4. Memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh masing-masing PTKIN penerima


Untuk memperoleh informasi yang lengkap dan detail, dipersilahkan menghubungi panitia lokal UM-PTKIN IAIN Parepare melalui kontak person 0852 5541 7075 (Musyarif), 0852 5709 9481 (Ali Rusdi Bedong) atau melalui akses website www.pmb.iainpare.ac.id (s.s).

Komentar