Simak, Tiga Kunci Sukses Berkarier dari CEO GE - Kompas.com - KOMPAS.com



NEW YORK, KOMPAS.com - CEO General Electric (GE) Jack Welch dianggap sebagai salah satu manajer di era modern yang jenius.

Gaya kepemimpinannya yang dinamis dan selalu berterus terang selama bertahun-tahun memimpin GE telah menjadi contoh bagi calon pemimpin di seluruh dunia bisnis.

Saat ini, Welch merupakan ketua eksekutif Institut Manajemen Jack Welch, yang dinobatkan oleh Princeton Review sebagai salah satu dari 25 program MBA online terbaik pada tahun 2019.

Baca juga: Simak, 5 Kunci untuk Menumbuhkan Karier Anda

Mengutip dari CNBC, Sabtu (20/4/2019), berikut tips dari Welch untuk meraih kesuksesan dalam berkarier

1. Memberi Lebih

Ketika bos meminta Anda untuk melakukan suatu pekerjaan, kerjakanlah dengan maksimal.


"Selalu lakukan lebih dari yang diminta. Jangan hanya melakukan pekerjaan, lakukan lebih banyak,” kata Welch.

Melakukan pekerjaan secara maksimal dan konsisten, dapat menunjukkan bahwa Anda telah berusaha keras dan bisa dapat dipercaya untuk memegang proyek yang tanggung jawabnya lebih besar.


Baca juga: Ingin Sukses dalam Karier, Ikuti 7 Tips Ini di Tahun 2019



2. Setiap Orang Adalah Guru

Menemukan seorang mentor untuk membantu membimbing Anda melalui rintangan dan tantangan yang muncul sepanjang karier bisa menjadi kunci kesuksesan.

Namun, menurut Welch, pelajaran bisa didapat dari mana dan siapa saja. Menemukan mentor dapat berarti mengidentifikasi seseorang dengan keterampilan yang ingin Anda pelajari, bukan hanya seseorang dengan jabatan yang lebih baik.

“Semua orang adalah seorang mentor. Jika Anda melihat seseorang berbicara, lalu Anda berkata 'Saya suka cara orang itu berbicara,' kemudian terjemahkan kebiasaan orang tersebut ke dalam caramu melakukan sesuatu,” tutur Welch.


Baca juga: Agar Peluang Karier Terbuka, Jangan Lakukan Ini saat Masih Kuliah



3. Otentik

Jujur pada diri sendiri ketika Anda merintis karier jauh lebih baik daripada meniru orang lain.

"Belajarlah dari semua orang, tapi jadilah dirimu sendiri,” ungkap Welch.

Tanyakan bagaimana Anda bisa terus berkembang adalah satu hal yang baik untuk memperbaiki diri sendiri. Namun, bagaimana Anda bisa tahu apa yang harus dikembangkan jika Anda tidak bertanya?

Welch mengatakan langkah pertama dalam meningkatkan kinerja Anda adalah memiliki kepercayaan diri untuk berbicara dan bertanya di mana kekurangannya.


Baca juga: Miliki 3 Sikap Ini untuk Kemajuan Karier di Era Disrupsi

“Anda harus memiliki kepercayaan diri untuk masuk dan berkata,‘ Apa yang harus saya lakukan? Apakah yang saya lakukan salah?'' terang Welch.

Jika merasa bos atau pekerjaan Anda tidak memberikan kontribusi yang berarti bagi perkembangan diri Anda, bahkan setelah meminta bimbingannya, mulailah memikirkan diri untuk keluar dari pekerjaan tersebut dan beralih ke tantangan berikutnya.







Read More

Komentar