Selamat Tinggal BBM! | merdeka.com - merdeka.com

Merdeka.com - Sebagai langkah atas keputusan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) untuk meminta layanan BlackBerry Messenger ( BBM ) per 31 Mei 2019, BlackBerry akan memberikan layanan BBM Enterprise (BBMe) untuk para pengguna BBM.

BBMe adalah platform pengiriman pesan terenkrispsi ujung ke ujung muktahir untuk keperluan percakapan pribadi para pelanggan.

Keputusan ini diambil sebagai rasa hormat BlackBerry untuk para pengguna setia BBM dan bukan tanggung jawab yang menyetujui kontrak. Langkah ini juga tidak akan mempengaruhi laporan keuangan atau pun strategi perangkat lunak perusahaan.

"Meskipun kami menyambut keputusan Emtek, kami sangat menyayangkan karena platformtidak berjalan dan berkembang seperti yang kami harapkan," kata Mark Wilson, Chief Marketing Officer, BlackBerry melalui keterangan resminya, Sabtu (20/4).

"Setelah melalui banyak pertimbangan, kami memutuskan bahwa pengguna setia BBM harus tetap memiliki platform pengiriman pesan yang aman dan dapat dipercaya," ujar Wilson menambahkan.

Mulai hari ini, pengguna dapat mengunduh BBM dari Google Play Store di Android, sedangkan untuk perangkat iOS akan disetujui kemudian. BBMe akan tersedia gratis untuk satu tahun pertama. Setelah itu, pengguna akan dikenakan biaya pendaftaran selama 6 bulan sebesar USD 2,49.

Selama 35 tahun, BlackBerry telah menyediakan platform yang aman bagi masyarakat untuk saling berkomunikasi.

Pada 2016, perusahaan memberikan lisensi BBM Konsumen kepada Emtek sebagai bagian dari transisi perusahaan untuk menjadi perusahaan perangkat lunak keamanan yang bernilai miliaran dolar dan menyediakan teknologi untuk perusahaan publik dan swasta di seluruh dunia serta teknologi yang mendukung drone, pesawat, mesin MRI, peralatan industri, dan lebih dari 120 juta kendaraan yang beroperasi di jalan saat ini.

BBMe adalah platform pengiriman pesan yang aman dan aman privasi. BlackBerry tidak memonetisasi data sehingga layanan tidak akan meminta nomor telepon, meminta kontak ke pengguna, dan juga tidak melacak lokasi pengguna atau pun membaca konten yang dikirim kepada pengguna lain.

Layanan ini hanya meminta alamat email untuk mendaftar, tidak seperti aplikasi lain.

BBM dapat diunduh pada perangkat apa pun yang menggunakan sistem operasi Android, iOS, Windows, atau MAC. Pengirim dan penerima masing-masing memiliki enkripsi publik / pribadi dan kunci penandatanganan (kata kunci) yang unik.

Kata kunci ini akan diproduksi oleh pustaka kriptografi bersertifikasi FIPS 140-2 pada perangkat yang digunakan oleh pengguna dan kata kunci ini tidak dikontrol oleh BlackBerry.

Setiap pesan menggunakan kata kunci simetris yang baru untuk mengenkripsi pesan. Selain itu, enkripsi TLS dari perangkat dan infrastruktur BlackBerry dapat melindungi pesan BBMe dari penyadapan atau manipulasi.

Dari perspektif fitur, pengguna BBM dapat melakukan percakapan grup, panggilan suara dan video, serta menyunting, menarik kembali, atau mengatur waktu kedaluwarsa setiap pesan.

Mereka juga akan tahu kapan saja pesan diterima dan dibaca, dan memiliki kemampuan untuk berbagi file, catatan suara, dan lokasi mereka. BBMe untuk penggunaan individu dapat digunakan pada lima perangkat yang berbeda secara bersamaan.

Reporter: Iskandar

Sumber: Liputan6.com [faz]


Read More

Komentar