AS Terkena Wabah Listeria, Berbahayakah? - Tempo.co


TEMPO.CO, Jakarta - Amerika Serikat sedang mewaspadai wabah Listeria. Satu orang dilaporkan meninggal terkait penyakit yang disebabkan bakteri pada irisan daging dan keju olahan, demikian dikabarkan laman Live Science, Jumat, 19 April 2019.

Waspada Bakteri Listeria di 5 Makanan Ini

Wabah ini diumumkan pada Rabu, 17 April 2019, menyusul adanya delapan orang yang dilaporkan terkena listeria, demikian Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC). Kedelapan pasien perlu dirawat di rumah sakit. Kematian terjadi pada seorang pasien di Michigan.

Listeriosis, yang disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogenes, adalah penyakit bawaan makanan yang paling mematikan. Meskipun penyakit serius akibat Listeria jarang terjadi, bagi orang yang sakit, infeksi dapat sangat mematikan. Diperkirakan 1.600 penyakit dan 260 kematian akibat bakteri terjadi setiap tahun di AS, menurut CDC.


Tetapi mengapa Listeria sangat berbahaya? Penting untuk dicatat bahwa Listeria biasanya tidak berbahaya bagi kebanyakan orang.

Sebaliknya, bakteri biasanya hanya menimbulkan gejala pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah - seperti wanita hamil dan orang tua - yang kemampuan melawan segala jenis infeksi berkurang, kata Dr. Amesh Adalja dari  The Johns Hopkins Center Baltimore.

Tetapi tidak seperti banyak jenis penyakit bawaan makanan lainnya, Listeria memiliki kemampuan untuk masuk ke sistem saraf pusat manusia, yang mengarah pada komplikasi serius.

"Fakta bahwa ia memiliki kemampuan untuk masuk ke sistem saraf pusat membuatnya lebih mematikan," kata Adalja kepada Live Science.

"Ketika Anda mendapatkan infeksi di sistem saraf pusat, itu jauh lebih serius daripada yang terbatas pada saluran pencernaan." 

Begitu masuk ke dalam sistem saraf pusat, Listeria dapat menyebabkan infeksi pada selaput yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang (dikenal sebagai meningitis), atau otak itu sendiri (dikenal sebagai ensefalitis). Kedua komplikasi ini dapat mengancam jiwa.

Menurut American College of Obstetricians and Gynaecologists (ACOG), wanita hamil 10 kali lebih mungkin terinfeksi Listeria.

Dalam kasus-kasus ini, infeksi menimbulkan risiko tidak hanya bagi wanita hamil, tetapi juga bagi janin, yang berpotensi menyebabkan keguguran, kelahiran mati atau persalinan prematur, kata ACOG.

Untuk alasan ini, wanita hamil diberitahu untuk menghindari daging dan makanan lain yang lebih cenderung mengandung bakteri Listeria, seperti susu yang tidak dipasteurisasi dan makanan yang dibuat dengan susu yang tidak dipasteurisasi, termasuk keju lunak.

Dalam wabah saat ini, pasien makan irisan daging dan keju olahan sebelum sakit. Infeksi telah terjadi sejak November 2016 hingga Februari dan Maret tahun ini.

Pejabat telah mengidentifikasi jenis wabah Listeria (jenis yang membuat orang sakit) dalam sampel daging olahan di berbagai toko. Namun, para pejabat belum mengidentifikasi pemasok umum produk-produk deli yang terkait dengan wabah tersebut.

Pada saat ini, CDC tidak memberitahu orang untuk menghindari makan produk olahan. Tetapi wabah ini mengingatkan bahwa orang yang berisiko tinggi terhadap infeksi Listeria - termasuk wanita hamil, dewasa berusia 65 tahun ke atas dan mereka yang sistem kekebalan tubuhnya melemah - harus berhati-hati dalam makan dan menangani daging deli atau olahan dan keju lunak.

CDC merekomendasikan orang-orang dalam kelompok ini agar menghindari makan hot dog,  daging dingin dan daging deli lainnya, kecuali mereka dipanaskan hingga suhu 74 derajat Celcius atau sampai mengepul panas. Orang-orang dalam kelompok ini juga harus menghindari makan keju lunak kecuali mereka diberi label dibuat dengan susu pasteurisasi.

Gejala infeksi Listeria biasanya demam, nyeri otot, mual, diare, sakit kepala, leher kaku, kebingungan, kehilangan keseimbangan dan kejang.

LIVESCIENCE.COM



Read More

Komentar